Carica Podangmas, the Legend of Carica

UD Podang Mas merupakan perusahaan milik perseorangan yang bergerak di bidang agroindustri menghasilkan produk olahan berupa minuman kemasan carica in syrup. Pada awal 1980, Ny. Sri Sutarti tergerak untuk memanfaatkan buah carica menjadi minuman segar carica in syrup dan setelah dipasarkan mendapat respon yang baik dari konsumen

Carica Podangmas diolah dengan pengawasan mutu, menghasilkan produk yang berkualitas, aman, sehat dan bercita rasa tinggi.

Itulah deskripsi produk yang ditawarkan oleh perusahaan olahan asal Kota Wonosobo UD Podang Mas.

Kali ini mimin dapat mengangkat profil perusahaan yang langsung mimin dapatkan dari Ownernya. Mari kita simak..

Sejarah Singkat Perusahaan

UD Podang Mas merupakan perusahaan milik perseorangan yang bergerak di bidang agroindustri menghasilkan produk olahan berupa minuman kemasan carica in syrup. Pada awal 1980, Ny. Sri Sutarti tergerak untuk memanfaatkan buah carica menjadi minuman segar carica in syrup dan setelah dipasarkan mendapat respon yang baik dari konsumen. Carica in syrup selanjutnya diproduksi secara kontinu oleh UD Podang Mas yang merupakan perintis usaha dagang home industry carica in syrup yang dikemas dengan menggunakan botol kaca.

UD Podang Mas terletak Perumahan Manggisan Asri No. 42 RT 05 RW 05, Kelurahan Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo dengan luas total pabrik adalah 360 meter persegi. 

Pada saat ini sudah memiliki pabrik baru dan toko outlet di area seluas 3.500 meter persegi di Jl. Lingkar Utara Desa Andongsili. Ny. Sri Sutarti mengalihkan tanggung jawab kepemilikan perusahaan kepada putri pertamanya yaitu M. Rum Wikaningtyas, S. Si pada bulan Nopember tahun 2009.

Penghargaan yang diperoleh perusahaan sejak awal berdiri meliputi:

a. Piagam penghargaan Juara Festifal Makanan Khas Daerah Jawa Tengah Tahun 1992.

b. Piagam Penghargaan sebagai Teladan dan Prestasi Bidang Kewirausahaan dari Bupati Wonosobo Tahun 2000.

c. Piagam Penghargaan “ADHI BHAKTI MADYA PKK” dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2002.

d. Piagam Penghargaan sebagai Perusahaan Berprestasi dalam Pengembangan Agribisnis Hortukultura tingkat Propinsi Jawa Tengah.

e. Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan dari Balai POM.

f. Tahun 2016 mendapatkan nomor MD BPOM 1177 1100 1205 dan Halal MUI 1506 0006 2808 12.

Ketenaga Kerjaan Perusahaan

UD Podang Mas memanfaatkan sumber daya manusia yang berada di sekitar tempat usaha dengan merekrut sejumlah tenaga kerja. Karyawan perusahaan meliputi bagian produksi dan administrasi, karyawan produksi yang direkrut bersifat tenaga borongan.

Peraturan dan Tata Tertib Perusahaan

Rata-rata jumlah hari kerja dalam sebulan adalah sebanyak 25 hari kerja dengan rata-rata jam kerja per hari selama 8 jam. Hari libur diberlakukan ketika lebaran.

Upah borongan yang diberikan kepada karyawan produksi, sesuai acuan UMR Kabupaten Wonosobo. Upaya yang dilakukan perusahaan sebagai insentif bagi tenaga kerja adalah memberikan tunjangan hari raya dan mengadakan piknik ke tempat rekreasi sekali dalam satu tahun.

Petani Mitra

UD Podang Mas mendapatkan pasokan bahan baku berupa buah carica yang didapatkan dari pasokan petani mitra. Petani yang bermitra dengan UD Podang Mas merupakan petani dan pengepul buah carica yang berjumlah 10 orang. Petani mitra berasal dari Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo yang merupakan desa tertinggi di Dieng. 

Proses Produksi Carica in syrup

UD Podang Mas melakukan kegiatan produksi secara kontinyu. Ketersediaan bahan baku senantiasa diusahakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi permintaan konsumen yang fluktuatif. 

Produk carica in syrup yang dihasilkan melewati proses produk yang masih tergolong tradisional dan tanpa menggunakan bahan-bahan pengawet dan bahan kimia lain seperti pemanis buatan dan zat pewarna.

Carica candamarcensis merupakan bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan produk carica in syrup. Bahan baku yang digunakan selain buah carica adalah gula pasir dan air PDAM. 

Proses pembuatan carica in syrup melalui beberapa tahapan dimulai dari persiapan buah, pemotongan, pengisian, sterilisasi hingga pengepakan.

Pemasaran dan Daerah Pemasaran 

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dari seluruh aktivitas perusahaan yang bertujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan. 

Perbandingan jumlah produk yang dipasarkan adalah 70 persen dari jumlah produk yang dihasilkan untuk daerah Wonosobo dan 30 persen dari jumlah produk yang dihasilkan untuk luar daerah Wonosobo. 

UD Podang Mas juga siap untuk melakukan penjualan keluar negeri.

Nah sudah tau kan profil perusahaanya, sekarang yang minat untuk membeli produk Carica dari UD Podang Mas bisa klik disini